Pernah melihat anak yang terlihat asyik membaca ketika kita pergi ke perpustakaan umum? Atau senyum bahagia tergambar jelas di wajah bocah yang menenteng keranjang belanjaan berisi buku-buku ketika berpapasan di kasir toko buku?

Alangkah senang memiliki anak gemar membaca. Mencintai buku. Mungkin seperti ini yang akan kita rasakan jika kita duduk sebagai orang tuanya.

Kenyataannya? Lihat anak kita sendiri, bocah-bocah di sekitar kita, demikiankah? Sepertinya hampir semuanya akan menjawab "Enggak, anakku enggak suka membaca. Jangankan baca, lihat buku saja sepertinya sudah menghindar." Benar?

Lantas, sudahkah kita berusaha membuat mereka suka membaca? Nah, harus instropeksi diri sendiri dulu ya ternyata. Jika sudah dan si anak masih belum juga suka baca, segera cari informasi penyebabnya. Apakah dia sedang pada fase lebih suka bertanya daripada membaca atau mungkin ada sebab lain. Kaji ulang usaha kita sudah tepat atau belum. Berikut ini, 5 hal yang bisa dilakukan agar menumbuhkan minat baca anak.


1. Contohkan kalau kita juga suka baca
Jika menginginkan anak yang suka membaca alangkah baiknya jika sebagai orang tua pun menunjukkan bahwa kita juga gemar membaca. Fenomena saat ini, banyak orang tua yang mengharapkan anaknya membaca tetapi orang tua malah cenderung menonton, bukan membaca. Bacalah buku di depan anak-anak. Jika sering melihat orang tuanya membaca dengan perlahan dia akan penasaran dan akhirnya tertarik dengan dunia membaca. 

2. Batasi penggunaan gawai atau televisi
Di era digital ini, memang agak susah mengendalikan penggunaan gadget dan menonton televisi, tapi bukan berarti tidak bisa. Hanya perlu kedisiplinan ekstra. Sepakati dengan anak kapan waktu-waktu yang diperbolehkan. Di luar waktu kesepakatan ya orang tua harus disiplin dan konsisten. Sekarang ada gerakan yang sedang digalakkan yaitu matikan TV dan HP 18-20. Artinya saat mulai pukul 18.00 - 20.00 tidak ada televisi maupun HP yang menyala. 

3. Bacakan buku saat jelang tidur
Kegiatan membacakan buku sambil menemani anak tidur ternyata mampu mempengaruhi memori anak tentang buku. Anak akan lebih mencintai buku jika orang tuanya gemar menceritakan buku. 


4. Ajak jalan-jalan ke toko buku
Saat waktu longgar dan ingin refreshing, ajaklah mereka berlayar  tumpukan buku, mau tidak mau matanya akan terbiasa dengan buku. 

5. Berikan reward berupa buku
Tak ada salahnya memberikan hadiah buku di saat moment-moment pentingnya. Saat ulang tahun, ketika anak berhasil melakukan sesuatu, atau ketika berhasil menjuarai suatu lomba. Jadikan buku adalah sesuatu yang sangat dinantinya.

Nah, semoga dengan melakukan 5 hal di atas anak-anak kita menjadi generasi yang suka membaca. Mulai melanglang buana ke penjuru dunia lewat buku dan berakhir pada keluasan ilmu pengetahuan.