Mati adalah mulainya kehidupan kekal di alam setelah dunia. Mati bukan akhir segalanya, ia hanya terpisahnya roh dari raga. Terhentinya kehidupan di dunia yang sementara menuju keabadian.

Demikian juga batch 7 ODOP kali ini. Setelah delapan minggu kejar tayang nge-one day one post, pekan ini adalah awal mula ngodop sebenarnya. Post tulisan tanpa terikat aturan, tanpa sebuah keharusan. 

Justru inilah awal mula perjuangan sesungguhnya. Ketekadan menebar kemanfaatan melalui tulisan diuji, disaring. Sejauh mana akan bertahan setelah gemblengan di ODOP. tetap konsisten atau jadi bolong atau malah nol, tak post sama sekali. 

Inilah hal penting yang saya pribadi ambil setelah mengikuti kelas melalui grup whatsapp ini. Dari ODOP banyak ilmu yang terserap, jalinan silaturahim yang luas, serta tingkat kepercayaan diri yang meningkat meski baru sampai taraf post tulisan. Oh ya, satu lagi karena sempat diminta memilih jenis genre tulisan akhirnya mantap mengisi blog ini dengan genre fiksi. Semoga istiqomah.

Akhirnya ucapan banyak terima kasih saya haturkan kepada para founder, ketua, pengurus ODOP, ketua OPREC ODOP batch 7 beserta crew, PJ grup Tokyo serta seluruh jiwa yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam kelas kali ini. Semoga dicatat sebagai amal jariyah dan menebar kebermanfaatan dunia wal akhirat. 

Maafkan segala tingkah polah dan tutur saya selama berinteraksi di sini. Maafkan tulisan-tulisan yang masih jauh dari harapan para mentor. Ketidaksempurnaan yang semoga masih bisa diambil hikmah manfaatnya khususnya untuk diri ini dan pembaca secara umumnya.

Bismillahirrohmanirrohim,

Meitantie untuk ODOP batch 7