Minggumu ingin penuh ilmu? Yuk main saja ke perpustakaan, dijamin luberan ilmu akan kamu dapatkan di sana. Seperti yang dialami gadis sembilan tahun ini, Hanin begitu biasa disapa merasa seperti di surga melihat jejeran rak berisi penuh buku. Binar matanya langsung bersinar, senyum tak bisa ia sembunyikan.

Buku. Jendela dunia. Dengan membaca buku maka bisa menjelajah ke mana pun kamu mau. Ke ujung timur Indonesia? Ayo. Atau ke Ujung Kulon? Bisa. Amerika? Mengenal siapa dibalik tokoh Avengers? Ada. Nah, apalagi? Buku memang benar-benar akan membawa sang pembaca ke mana pun ia suka. Maka jika kamu ingin mengetahui dunia seisinya, yuk baca!

Koleksi bukumu sedikit? Enggak masalah, ada banyak perpustakaan di belahan bumi ini. Benar bukan? Salah satunya di jalan Diponegoro nomor 47 Kabupaten Nganjuk. Gedung bercat krem yang terletak di timur jalan adalah tempat Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Nganjuk berada. Sangat mudah ditemukan karena terletak dekat jalan protokol dan berjarak sekitar 100 meter dari alon-alon kota.

Ada banyak koleksi buku berjajar di deretan rak-rak. Mulai dari kesusastraan, sejarah, agama, iptek, bahasa, ensiklopedi, sampai koran, dan majalah. Mencakup untuk semua usia. Sepuh, dewasa, remaja, anak, bahkan disediakan arena khusus untuk balita. Lengkap. Sangat menyenangkan bukan?

Untuk warga Nganjuk dan sekitarnya rasanya kok rugi kalau belum pernah berkunjung ke perpusda Nganjuk ini. Rugi sekali bahkan, fasilitas publik yang tersedia gratis dan sarat manfaat tapi belum penah menikmatinya. Enggak mau kan? Makanya ayo manfaatkan, enggak bakalan menyesal kok berkunjung ke sini.

Jangan kawatir, pelayanan di tempat ini sangat ramah dan penuh senyum kok. Apalagi jika kamu ingin mendaftar menjadi anggotanya. Wow! Ternyata hanya butuh 7 menit untuk bisa jadi anggota perpusda Nganjuk ini. Iya, tujuh menit. Tidak salah. Datang dan buktikan ya! Cukup bawa foto kopi KTP atau KK (bagi yang belum punya KTP) selembar dan dua lembar pas foto diri ukuran 3x4, kamu akan punya kartu keanggotaan perpusda secara gratis. Wow, mudah sekali kan?

Hari ini, genduk Hanin sudah membuktikannya dan di waktu yang sama sudah bisa membawa pulang dua buku untuk dipinjam. Menyenangkan sekali. Akhirnya genduk menemukan tempat favoritnya selain alon-alon kota. Perpusda Nganjuk bakalan masuk list tempat-tempat yang akan dikunjungi secara rutin nih.

Kamu? Mau juga?