Berapa Banyak Tunjangan Kartu Pra Kerja Yang Diberikan Pemerintah?


Berapa Banyak Tunjangan Kartu Pra Kerja Yang Diberikan Pemerintah? Berikut Ini Ulasannya

Tunjangan kartu pra kerja adalah salah satu topik pembicaraan yang cukup hangat belakangan ini. Program ini adalah program yang diharapkan oleh pemerintahan bisa dimulai di awal tahun 2020. Program ini adalah program yang diharapkan mampu membantu masyarakat dan negara untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi Indonesia sendiri. 

Tujuan dari pemberian kartu pra kerja 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, adanya kartu pra kerja memiliki tujuan untuk mengurangi masalah ekonomi di Indonesia seperti mengurangi pengangguran yang ada di Indonesia. Salah satu kunci dari pertumbuhan ekonomi sebuah negara adalah sumber daya manusia yang dimilikinya. Ketika sebuah negara memiliki SDM yang berkualitas, maka akan lebih mudah bagi negara tersebut untuk bersaing dengan lebih baik. 
Salah satu tujuan dari tunjangan kartu pra kerja ini adalah untuk meningkatkan daya saing SDM sehingga perekonomian negara pada akhirnya akan naik dengan sendirinya. Hal inilah yang menyebabkan pemberlakuan dari tunjangan untuk pemegang kartu pra kerja ini ingin disegerakan oleh pemerintah terutama presiden. 

Bagi masyarakat sendiri keberadaan tunjangan untuk pemegang kartu pra kerja ini dinantikan karena memiliki janji yang cukup manis. Bahkan sebelum ada informasi yang jelas banyak orang berpikir bahwa adanya kartu pra kerja ini nantinya akan diberikan secara Cuma-Cuma, ternyata kartu pra kerja ini akan memberikan tunjangan dengan beberapa syarat sehingga tidak Cuma-Cuma. Akan tetapi keberadaan tunjangan kartu pra kerja ini dianggap akan sangat membantu terutama bagi mereka yang memiliki cara pemikiran yang tepat saat menerima tunjangan pemegang kartu pra kerja ini.

Dengan adanya kartu pra kerja ini, mereka yang akan mencari kerja akan lebih mudah karena mendapatkan biaya untuk membantu masalah biaya yang akan digunakan untuk melamar pekerjaan. Bagi mereka yang akan memulai usaha, tunjangan tersebut juga bisa digunakan untuk modal dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Bentuk tunjangan kartu pra kerja

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pemberian tunjangan pada pemegang kartu pra kerja ini tidak diberikan secara Cuma-Cuma. Hal ini disebabkan karena bentuk dari tunjangan ini bukan berupa gaji untuk pengangguran akan tetapi merupakan tunjangan yang diberikan dengan syarat sehingga bentuk dari tunjangan ini adalah insentif. 

Ketika pemegang kartu pra kerja ingin mendapatkan tunjangan kartu pra kerja , maka sebelumnya mereka sebelumnya harus mau mengikuti sertifikasi dan juga pelatihan terlebih dahulu. Dalam perencanaannya sertifikasi dan pelatihan ini dilakukan dalam 2 bulan. Selain itu, penerima tunjangan ini tidak hanya diberikan tunjangan tapi juga akan dibantu dengan mempertemukan pemegang kartu pra kerja dengan industri sesuai dengan kursus yang diambilnya. 

Besar tunjangan kartu pra kerja

Karena belum beroperasi, ada banyak orang yang berspekulasi mengenai banyaknya tunjang yang bisa didapatkan dengan menggunakan kartu pra kerja ini. Banyak yang mengeluarkan Hoax bahwa tunjangan dari kartu pra kerja ini nilainya bisa mencapai jutaan rupiah. Akan tetapi hal ini sudah pasti salah. Lalu berapa besar tunjangan kartu pra kerja yang akan didapatkan oleh masing-masing pemegang kartu pra kerja ini? Besar dari tunjangan satu insentif kartu pra kerja yang akan diberikan direncanakan adalah sekitar Rp 500 ribu untuk setiap bulan. Pemberian dari tunjangan ini hanya dilakukan selama 6 bulan hingga 12 bulan sesuai dengan rencana yang telah diungkapkan pada masa kampanye. 

Anggaran Tunjangan kartu pra kerja

Ada sekitar 2 juta orang yang yang menjadi sasaran pemerintahan mengenai pemberian tunjangan kartu pra kerja ini. Dengan nilai ini, maka pemerintah mempersiapkan dana sebanyak 10 T dalam hal tunjangan ini. Nilai ini banyak disebut membebani APBN akan tetapi jika dilihat dari segi lainnya, nilai ini bisa menjadi nilai investasi untuk seumur hidup bagi negara karena dengan berkurangnya pengangguran artinya ada lebih banyak pemasukan negara dari pajak pendapatan yang diberikan oleh mereka yang sudah bekerja karena bantuan dari tunjangan kartu pra kerja yang telah diberikan oleh negara. Selain itu masih ada banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dari tunjangan ini. Untuk tahu lebih banyak mengenai manfaat dari tunjangan ini anda bisa mengetahuinya di artikel kami sebelumnya. 

Posting Komentar

0 Komentar