Senyum disertai nervous tak bisa dipisahkan dari wajah dua insan yang bersiap mengikat janji setia di hadapan sang penghulu. Meski demikian, binar kebahagiaan jelas terpancar di sana. Ya, prosesi ijab qobul sebuah pernikahan adalah momentum sakral yang sangat mendebarkan. Demikian juga kah dengan Babuk dulu? Saat bersiap melangkah ke jenjang lebih serius dalam sebuah hubungan? Wah, ternyata menjadi suatu hal yang lazim ya? Babuk tahu tidak, dalam dunia bloging juga ada momentum-momentum mendebarkan tapi membahagiakan juga lho. Momentum apakah itu? Kita ulas yuk dalam Google Search Console dan Pernikahan berikut ini.

Google-Search-Console

Google Search Console 

Sebelum membahas lebih jauh tentang Google Search Console dan Pernikahan, ada baiknya kita tahu dulu apa itu google search console atau para bloger sering menyebutnya dengan GSC.

Pengertian

Google Search Console adalah bagian gratis untuk pemilik website dalam memantau kinerja website-nya. Berbagai fitur yang disediakan GSC sangat membantu bloger dalam memberikan informasi yang dibutuhkan sehingga dapat lebih berkembang lagi ke depannya. 

Manfaat

Mengingat banyaknya fitur dalam Google Search Console, maka tentu banyak pula manfaat yang bisa diambil. Setidaknya ada 4 manfaat utama, yaitu :
  • Informasi Kinerja Blog
Setelah GSC terpasang, maka kita bisa melihat kinerja blog. Kinerja di sini meliputi :
  1. Total klik
  2. Total tayangan
  3. CTR (Click Through Rate)
  4. Posisi di search engine
  • Pengindeksan Google

Dari sini maka kita dapat mengetahui blogpost mana saja yang sudah maupun belum terindeks Google. Jika sudah terindeks maka blogpost kita sudah masuk dalam mesin search engine dan dapat ditemukan oleh orang lain. Sebaliknya, jika ternyata informasi yang kita dapat adalah belum terindkes maka kita bisa meminta Google untuk mengindeks ulang melalui inspeksi URL.

  • Acuan dalam Memperbaiki Website

Dalam dashboard Google Search Console juga terdapat informasi cakupan/coverage tentang masalah-masalah yang ditemukan dalam website kita. Cakupan masalah ono meliputi halaman yang tidak terindeks, halaman tidak ditemukan, masalah server, halaman yang hilang, masalah keamanan, serta banyak lagi yang lain. 

  • Inspeksi URL

Google Search Console merupakan alat inspeksi URL yang bermanfaat memberikan informasi tentang halaman website yang sudah tayang agar segera bisa diindeks oleh Google.


Cara Pemasangan

Setalah mengetahui banyaknya manfaat GSC, lantas bagaimana cara pemasangan Google Search Console ini? Untuk lebih jelasnya, babuk bisa mengunjungi laman berikut www.blogspedia.my.id karya Ibuk Marita, seorang bloger asal Semarang.


Pernikahan

Kalau pernikahan tentu Babuk semua sudah tahu kan ya? Yup, betul sekali. Dalam laman wikipedia.org dituliskan bahwa pernikahan adalah upacara pengikatan janji nikah yang dirayakan atau dilasanakan oleh dua orang, pria dan wanita dengan maksud meresmikan ikatan perkawinan secara norma agama, norma hukum, dan norma sosial.


Tahapan dalam Pernikahan

  • Perkenalan

Rasanya aneh jika dua orang yang akan melaksanakan pernikahan tidak saling mengenal terlebih dahulu. Maka lazimnya ada sebuah proses perkenalan sebelumnya, baik itu perkenalan sendiri maupun melalui perantara. Ada yang memberi istilah masa perkenalan ini dengan sebutan pacaran, tapi ada pula yang mengenalnya dengan masa ta'aruf. Tentu dua istilah ini mempunyai kriteria masing-masing. 

  • Lamaran

Setelah proses perkenalan, tahap selanjutnya adalah lamaran. Pada tahap ini, pihak laki-laki akan mendatangi orang tua atau wali dari si wanita guna meminta izin untuk menikahi wanita yang dimaksud. Ada beberapa daerah di Jawa, pada tahap ini disepakati pula waktu pelaksanaan pernikahan antara dua keluarga. 

  • Ijab Qobul

Ijab qobul adalah proses sesungguhnya untuk mengawali sebuah pernikahan. Istilah ini berasal dari bahasa Arab, ijab artinya penyerahan yang diucapkan wali dari pihak wanita, sementara qobul adalah ucapan pengantin laki-laki sebagai tanda penerimaan.

Dengan terucapnya ijab qobul maka barulah sebuah pernikahan dianggap sah baik secara agama maupun adat. 

  • Resepsi Pernikahan

Nah, Babuk tentu juga merasa lega setelah ijab qobul terucap dan berjalan lancar. Tahap selanjutnya tinggal berbagi kebahagiaan dalam sebuah resepsi pernikahan. Selain berfungsi untuk berbagi kebahagiaan, sebuah resepsi pernikahan merupakan cara untuk menyampaikan informasi bahwa ada dua orang yang telah resmi menjadi pasangan suami istri. Resmi memulai membina rumah tangga. 


Google Search Console dan Pernikahan


Nah, kalau kita sudah tahu tentang GSC dan pernikahan, lantas hubungannya apa antara keduanya?

Hubungan antara keduanya adalah bahwa keduanya sama-sama menyampaikan informasi, mengkomunikasikan suatu hal. Google Search Console mengkomunikasikan tentang sebuah website baik dari bloger ke mesin search engine maupun dari Google kepada pemilik website sementara resepsi pernikahan mengkomunikasikan sebuah pernikahan baik dari dua orang yang menikah kepada masyarakat maupun sebaliknya.