Trending di jagad Twitter dengan tagar JOROK. Seperti dalam sebuah video unggahan akun @lilithkis. Nampak dalam video yang diunggah seorang perempuan mencocol makanan dengan garpu ke wadah sambal kemudian mengaduk-aduknya cukup lama. Padahal makanan yang dicocolkan adalah makanan yang telah digigitnya sementara wadah sambal adalah sambal yang digunakan untuk bersama. Jorok. Ya, demikian beberapa komentar di unggahan ini.

hindari 7 hal ini saat makan bersama



Bagaimana menurut Babuk tentang hal semacam ini?
Sebagai insan sosial, tentu kita memiliki lingkup interaksi yang luas. Ada keluarga inti, keluarga besar, teman, rekan kerja, atau bahkan orang lain yang belum dikenal. Interaksinya pun beragam, dari sekedar saling sapa, ngobrol, kerja sama, liburan, atau mungkin makan bersama dalam satu meja.
Ngobrol tentang makan bersama, pernah tidak Babuk menemukan kejadian yang luar biasa? Teman makan yang mengecap makanan sampai bersuara mungkin? Atau nasi yang habis berpindah ke piring teman padahal Babuk belum mengambil? Atau kejadian yang sedang trending di jagad twitterland di atas? Hemm, rasanya gemas gitu ya, Babuk? Nah agar kejadian semacam ini tidak terjadi, alangkah baiknya Hindari 7 Hal Ini Saat Makan Bersama.
Dalam setiap hal, tentu ada adab atau norma yang perlu kita ketahui. Kadang adab atau norma ini memang tidak tertulis. Tidak pula informasi tentang ini sampai kepada kita secara langsung. Namun sebagai insan sosial, hal-hal yang menyangkut hajat orang banyak mesti tetap kita perhatikan. Bukan saja untuk diri sendiri tetapi juga kenyamanan bersama.

Adab atau Norma

adab makan



Sering kita mendengar orang menyebut kata adab atau norma. Adab makan, adab bergaul, norma agama, norma susila, dan banyak yang lain. Apa sih sebenarnya adab atau norma itu?
Adab adalah sebuah akhlak mulia dalam bentuk tingkah laku, tabiat, atau aturan yang didasarkan pada norma atau agama. Norma sendiri adalah sebuah aturan yang mengikat pada masyarakat. Jadi, adab atau norma adalah sesuatu yang menjadi kebiasaan dalam masyarakat, umumnya tidak tertulis tetapi menjadi pegangan dalam berinteraksi dengan sesama.
Salah satu adab dalam keseharian kita adalah adab makan. Meskipun makan adalah hak dari masing-masing orang tetapi tetap ada aturan-aturan yang perlu diterapkan. Adapun adab makan antara lain :

  • Membersihkan tangan

Membersihkan tangan di sini bisa dengan mencuci tangan atau cukup mengelapnya dengan tisu, serbet, atau lap yang disediakan. Bisa pula dengan mengoles antiseptic.

  • Membaca doa sebelum makan

Membaca doa adalah bentuk usaha agar diberikan makanan yang bermanfaat untuk tubuh, menyehatkan, dan berharap lancar sampai suapan terakhir.

  • Menggunakan kanan kanan

Tentu merupakan sebuah kemakluman bagi penyandang disabilitas yang hanya bisa makan selain dengan tangan kanan. Namun jika bisa menggunakan tangan kanan tanpa hambatan maka tentu lebih baik jika menggunakan tangan kanan saat makan.

  • Makan dengan posisi duduk

Ini sangat penting diajarkan sejak kecil. Seringkali kita melihat ada anak kecil yang disuapi makan sambil berlari-lari sehingga ketika telah dewasa beranggapan bahwa makan boleh sambil berdiri, tiduran, atau bahkan berjalan.

  • Makan secukupnya

Makan sesuai porsi tubuh. Tidak terlalu banyak sehingga dibilang rakus, juga tidak terlalu sedikit.

  • Konsumsi makanan yang baik dan sehat

Mengkonsumsi makanan yang diperlukan untuk kesehatan tubuh, tidak makanan yang sekedar mengeyangkan apalagi merusak tubuh. Lebih baik lagi jika memenuhi porsi kebutuhan gizi tubuh.

  • Tidak mencela makanan

Ini sebagai wujud rasa syukur atas diberikannya makanan yang ada. Tidak kekurangan apalagi sampai tidak bisa makan.

  • Segera santap amkanan yang tersaji

Jangan menunda atau bahkan mencari-cari makanan yang tidak ada. 

  • Mengakhiri makan dengan doa kembali

Adab di atas adalah adab makan secara umum. Bagaimana jika kita sedang makan bersama? Apakah sama adab yang digunakan?
Sebenarnya tidak berbeda jauh, adab-adab di atas tetap diterapkan tetapi alangkah baiknya jika kita hindari 7 hal ini saat makan bersama.

Hindari 7 Hal Ini Saat Makan Bersama 

  1. Memulai atau mendahului makan jika ada yang lebih berhak, lebih tua, atau lebih kita hormati. Apalagi jika posisi kita adalah sebagai tamu atau undangan, akan lebih sopan jika menunggu untuk dipersilakan.
  2. Hanya berdiam diri saat makan. Dalam makan bersama, hendaknya kita selingi dengan berbincang ringan. Tentunya dengan tetap menjaga kesopanan. Tidak berbicara saat masih mengunyah, misalnya. Namun jangan pula terus berbicara sepanjang jamuan.
  3. Mengambil makanan melebihi porsi orang lain. Mengambil sewajarnya saja, tidak terlalu banyak tapi juga tidak sedikit sekali. Hal ini dimaksudkan agar ketika kita diberi kesempatan mengambil makanan terlebih dahulu maka bisa mengira-ngira apakah jumlah makanan mencukupi untuk seluruh orang. Jangan sampai orang yang mendapat giliran terakhir mengambil makanan ternyata tidak mendapat bagian.
  4. Cara makan yang dibuat-buat. Makanlah seperti biasanya kita makan. Tidak perlu meniru cara makan orang lain. Tidak dibuat terlampau cepat atau sebaliknya. Makan seperti saat kita makan sendiri.
  5. Tidak mencuci tangan. Terkadang kita menganggap bahwa tangan kita bersih sehingga tidak perlu mencuci tangan. Namun tidak semua orang berpikiran demikian, maka lebih baik kita mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memulai makan.
  6. Mmeperhatikan cara makan orang lain. Dalam satu meja makan, sebaiknya tidak memperhatikan cara makan orang lain. Apalagi sampai menirukannya. Setiap orang mempunyai cara makan sendiri-sendiri, selama tidak mengganggu kenyamanan bersama maka tidak menjadi masalah.
  7. Jorok. Melakukan hal-hal yang membuat selera makan orang lain hilang atau bahkan merasa jijik. Poin inilah yang ternyata tidak dihindari dalam tayangan unggahan akun twitter @lilithkis di atas. Seseembak dengan santainya mencocolkan makanan yang telah digigit ke wadah sambal. Padahal saat kejadian, sedang makan bersama di mana sambal dipakai untuk umum. Jorok.
Nah, berbagai adab makan telah kita ketahui. Mulai dari adab saat makan sendiri hingga hindari 7 hal ini saat makan bersama, jorok salah satunya. Semoga kita senantiasa memperhatikan hal-hal ini sehingga tetap terjaga kenyaman bersama dalam bermasyarakat.